Laman

aksesoris


Senin, 19 Maret 2012

UJI MUTU HASIL PERKEBUNAN DAN SEREALIA


-->
Hasil pertanian merupakan produk dari budidaya suatu jenis tanama. Prouk ini siap dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia maupun hewan. Masing – masing bahan hasil pertanian mempunyai sifat atau karakter yang berlainan satu sama lain. Sifat – sifat dari bahan hasil pertanian yang penting meliputi fisik, biologis dan kimiawi.
1)      Fisik
Sifat fisik bahan berhubungan erat dengan struktur dan penampilan bahan. Bahan hasil pertanian umumnya berupa masa yang keadaannya relatife lunak dan mengandung air dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga bersifat labil. Sebagian produk pertanian akan menampakan penampilan fisik yang tetap baik meskipun bahan telah dikeringkan dan sebagian lagi sifat fisiknya akan berubah. Sifat fisik bahan merupakan cirri khas dari suatu produk pertanian yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi tingkat penerimaan konsumen.
2)      Biologis
Bahan hasil pertanian dapat di pandang sebagai massa yang memiliki sifat kehidupan. Meskipun dipetik atau dipisahkan dai induknya, hasil pertanian masih dapat melanjutkan perubahan. Perubahan yang terjadi berupa proses pertumbuhan lanjutan dan proses fisoilogis lainnya. Hasil pertanian yang akan dimanfaatkan manusia pada umumya berupa organ perbanyakan tanaman. Oleh karena itu, pantaslah jika bahan tersebut memiliki sifat kehidupan yang sewaktu – waktu dapat muncul atau sama sekali tidak dapat muncul oleh karena suatu hal.
3)      Kimiawi (nilai gizi)
Hasil pertanian secara kimiawi tersusun atas komponen – komponen penting, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Senyawa-senyawa tersebut dijadikan sebagai sumber energy dan pemmbangun sel bagi tubuh manusia maupunhewan. Oleh karena itu , sangat diharapkan bahan hasil pertanian tetap dapat mempertahankan isi kandungannya sampai bahan dikonsumsi.(Gamarius,2011)

Serelia adalah biji-bijian yang dihasilkan dari semua anggota famili rumput-rumputan (Graminae), sedangkan kacang-kacangan dihasilkan dari famili polong-polongan(Leguminose).Banyak jenis serealia dan kacang-kacangan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.Serealia  dan kacang-kacangan tersebut mempunyai struktur fisik yang berbea-beda. Sebagian besar makanan pokok penduduk indonesia bahkan dunia berasal dari serealia,seperti beras,jagung,gandum,barley,oat,sorgum dan lain-lain. Struktur fisik serealia dan kacang-kacangan secara langsung atau tidak langsung akan berpengaruh terhadap mutu organoleptik maupun perlakuan yang perlu diberikan pada saat serealia dan kacang-kacangan tersebut diolah,seperti parameter daya serap air dan rasio pengembangan.Bahkan beberapa struktur dan sifat fisik tersebut dijadikan parameter mutu serealia dan kacang-kacangan, seperti ukuran,bentuk,densitas kamba dan sebagainya. Ukuran dan bentuk serealia juga menentukan dari varitas mana bahan tersebut berasal.
Biji – biji serealia tergolong dari keluarga rumput – rumputan (gramineae) yang kaya akan karbohidrat, struktur biji terdiri dari sekam dedak benih dan endosperm dan dengan proses respirasi berlanjut setelah di panen yang mengakibatkan metabolisme KH dan lemak menghasikan CO, HO dan panas.
Contohnya seperti padi, jagung, gandum, sorgum dan lain – lain.
Bentuk : bentuk dari bahan serealia (beras) ini lonjong dengan ukuran diameter dimana panjang, lebar, tebal serta dengan berat yang berbeda – beda. Warna : pada umumnya beras berwarna putih. Rasa : bahan pangan ini dapat dirasakan aroma yang harum. Oleh karena itu bahan serealia dengan sifat fisik yang cepat merapuh dimana dimana dapat diproses sebagai bahan makanan dan lain sebagainya.
(Sediaoetama,ahmad djaeni,2006)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar