Laman

aksesoris


Kamis, 17 Juni 2010

PROPOSAL PKM


A. Judul
PEMBUATAN KUE DONAT DARI SINGKONG

B. Latar belakang
Singkong merupakan salah satu jenis tanaman pertanian yang begitu banyak tumbuh di daerah – daerah negara kita Indonesia ini, namun masyarakat pada umumnya tidak memiliki potensi SDM yang mencukupi untuk dapat memanfaatkan dan mengelola hasil dari pertanian singkong ini. Singkong memiliki karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh manusia.
Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh makhluk hidup. Monosakarida, khususnya glukosa, merupakan nutrien utama sel. Misalnya, pada vertebrata, glukosa mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi selular untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil lainnya, termasuk asam amino dan asam lemak. Sebagai nutrisi untuk manusia, 1 gram karbohidrat memiliki nilai energi 4 Kalori. Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%. Bahan makanan sumber umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula.
Namun demikian, daya cerna tubuh manusia terhadap karbohidrat bermacam-macam bergantung pada sumbernya, yaitu bervariasi antara 90%–98%. Serat menurunkan daya cerna karbohidrat menjadi 85%. Manusia tidak dapat mencerna selulosa sehingga serat selulosa yang dikonsumsi manusia hanya lewat melalui saluran pencernaan dan keluar bersama feses. Serat-serat selulosa mengikis dinding saluran pencernaan dan merangsangnya mengeluarkan lendir yang membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan lancar sehingga selulosa disebut sebagai bagian penting dalam menu makanan yang sehat. Contoh makanan yang sangat kaya akan serat selulosa ialah buah-buahan segar, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.singkong juga merupakan makanan yang dapat digunakan sebagai bahan- bahan yang dapat diolah menjadi makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita karena kandungan karbohidratya dan protein yang cukup besar.
Singkong merupakan bahan yang mudah diperoleh didaerah kita dan juga harganya yang sangat murah oleh karena itu maka dengan bahan baku yang sangat mudah diperoleh maka dengan adanya pengolahan yang berpariasi dan beraneka ragam makanan sehingga dapat menambah nilai jual yang sangat tinggi dibandingkan dengan dijual tanpa diolah.


HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
1.Judul Kegiatan : Kue Donat Dari Singkong
2. Bidang Kegiatan : PKMK
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap : Eko Purwanto
b. No Bp : 0911123098
c. Jurusan : Teknologi Hasil Pertanian
d. Fakultas : Teknologi Pertanian
e. Perguruan Tinggi : Universitas Andalas
f. Alamat Rumah : Pasar Baru
4. Anggota Pelaksana Kegiatan : 2 Orang
5. Dosen Pembimbing : Ir. Aisman,MSi
Prof.Dr.Ir.Fauzan Azima,MS
6. Biaya kegiatan Total
DIKTI : Rp.1.500.000.00,-
7. Jangka Waktu : 1 Bulan
Padang,6 Mei 2010
Menyetujui
Pembantu Rektor III,Dekan, sekretaris Dekan, Ketua Pelaksana Kegiatan


C. Perumusan Masalah
Berdasarkan hasil survai dilapangan,permasalahan yang menjadi dasar dalam pelaksanaan program ini adalah kurngya konsumsi serat masarakat,khususya kalangan mahasiswas dalam asupan gizi dan cenderung mengomsumsi makanan instan yang tidak memenuhi standar pangan.
D. Tujuan Program
1. Memberi dan meningkatkan nilai ekonomi singkong yang diproduksi masyarakat di Sumatra Barat
2. Terciptanya usaha baru bagi mahasiswa yang dapat dikelola secara kelompok sehingga memberi bekal dalam pengembangan kewirausahaan
3. Memenuhi kebutuha gizi masarakat dengan cara yang mudah dan aman untuk dikomsumsi
4. Melakukan inovasi produk pangan dengan penambahan singkong yang meningkatkan daya tarik masarakat
E.Luaran yang Diharapkan
Dapat dirintis usaha kecil pembuatan dan pemasaran donat singkong.Donat ini dibuat dengan tepung pati sigkong,kismis,santan kelapa,margarin.Perpaduan komposisi tersebut menghasilkan donat yang memiliki cita rasa yang khas, sehingga mampu meningkatkan antusias dan daya tarik masyarakat untuk mengkomsumsiya.selain itu usaha ini diharapkan mampu mendorong mahasiswa untu membuka peluang kerja paruh waktu.
Kegunaan Program
1.bagi kelompok mahasiswa pelaksana program
Kegiatan ini akan memberikan peluang bagi mahasiswa pelaksana untuk dapat menngemabangkan dan melatih jiwa kewirausahaan,menerapkan berbagai disiplin ilmu yang telah dipelajari seperti manajemen,enterprenurship,perencanaan pengolaha pangan dan lain.disamping itu mahasiswa dapat memupuk mental kepemimpinandan keorganisasian serta mengasah kreaktivitas dalam seni menjalankan/mengembangkan suatu usaha yang dikelola.
2.Bagi masyarakat
Kegiatan ini akan dapat memancing animo masyarakat untuk merintis usaha baru yang memanfaatkan singkong sebagai bahan pangan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.sehimgga dapat membantu masyarakat yang memproduksi donat dalam proses pemasaran.jika usaha ini berhasil dan layak untuk dildksanakan,maka masarakat akan mempunyai peluang untuk melakukan usaha ini sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil dikota Padang .
3.Bagi ilmu Pengetahuan
Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi pengembagan ilmu pengetahuan karena kami menerapkan sistim produksi dan pengolaha pangan dengan memanfaatkan singkong yang mempunyai cita rasa yang khas.

Gambaran Umum Rencana Usaha (PKMK)
1.Kondisi umum yang menyebabkan timbulya gagasan pembuatan donat singkong adalah ketersediaan bahan baku yang mudah diperoleh dan tidak membutuhkan banyak biaya,tingginya peluang pasar karena adanya masarakat penggemar donat.
2.Potensi sumber daya dalam kegiatan ini adalah tidak dibutuhkanya alat-alat dan keterampilan khusus dalam pembuatan donat singkong.pembuatan donat singkong tidak membutuhkan alat-alat banyak dan waktu yang lama,banyakya tempat pemasaran (warung dan café),serta dapat dijual secara langsung (dari rumah kerumah)karena harga produk yang murah .

F. Metode Pelaksanaan Prgram
Pelaksaana program dibagi atas yaitu :
1. Tahap Persiapan, meliputi penentuan tempat/lokasi produksi, penentuan pemasok bahan baku, persiapan produksi dan pembeliaan,peralatan, inventarisasi tempat-tempat pemasaran, perancangan kemasan dan label, pengurusan sertifikasi produk
2. Tahap produksi, meliputi penetapan volume produksi, pembagian tugas dan tanggung jawab, penyusunan jadwal pelaksanaan dan jam kerja , pelaksaan administrasi, pengemasan produk, pemasangan label, dan mempersiapkan produk untuk dipasarkan.
3. Tahap pemasaran, meliputi proses pemasaran, penawaran,kerjasama, pemasaran langsung dan perancangan sistem pendistribusikan produk.
4. Tahap evaluasi dan monitoring, meliputi evaluasi prosoes produksi, evaluasi keseragaman produk dan spesifikasi, evolusi penilaian konsumen, perhitungan analisa, kelayakan usaha, dan penyusunan rencana tindak lanjut (RTL) guna berlanjutnya usaha.
G. Jadwal kegiatan
Kegiatan ini membutuhkan waktu 1 bulan dalam melakukan produksi pangan donat singkong.
H. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
1. Ketua Pelaksana Kegiatan
Nama Lengkap : Eko Purwanto
No Bp : 0911123098
Fakultas/Prodi : Teknologi Pertanian/ THP
Perguruan Tinggi : Universitas Andalas
2. Anggota Pelaksana
A. Nama Lengkap : Hery Purwanto
No Bp : 0911122042
Fakultas/Prodi : Teknologi Pertanian/ THP
Perguruan Tinggi : Universitas Andalas
B. Nama Lengkap : Anggi Afriandra Asri
No Bp : 0911122050
Fakultas/Prodi : Teknologi Pertanian/ THP
Perguruan Tinggi : Universitas Andalas


I Nama dan Biodata Dosen Pendamping
Nama Lengkap dan gelar : Ir. Aisman, Msi.
Golongan pangkat dan NIP : III D/ 131 925 241
Jabatan Fungsional : Sekretaris Dekan Fakultas TP
Jabatan Struktural : Lektor
Fakultas Prodi : Tekno. Hasil Pertanian
Perguruan Tinggi : UNIVERSITAS ANDALAS
Bidang Keahlian : Teknologi Industri Pangan
Waktu untuk kegiatan PKM : 1 kali dalam seminggu

J. Biaya
I. Biaya Investasi (modal awal)

No Jenis Investasi Jumlah Biaya
1
2.
3.
. Pembelian peralatan
Biaya produksi
Biaya operasional
Rp. 700.000,-
Rp. 300.000,-
Rp. 500.000,-

TOTAL Rp. 1.500.000

.Biaya Produksi
NO Bahan Jumlah Harga Satuan Jumlah Harga
1 Singkong 3 Kg Rp.5000,- Rp.15.000,-
2 Tepung Terigu 1 Kg Rp.10.000,- Rp.10.000,-
3 Gula Pasir 2 Kg Rp. 12.000,- Rp.24.000,-
4 Telur 1 Papan Rp. 20.000,- Rp.20.000,-
5 Vanili 20 Bungkus Rp. 500,- Rp.10.000,-
6 Mentega 3 Bungkus Rp.6.000,- Rp.18.000,-
7 Mises 2 Bungkus Rp. 6.000,- Rp.12.000,-
8 Bahan Bakar (minyak Tanah) 3 L Rp.5.000,- Rp.15.000,-
Jumlah Rp.124.000,-

Proyeksi Keuntungan :
a) Ramalan Pendapatan Hasil Penjualan dalam 1 Bulan
Kemasan Plastik:100 bungkus Plastik xRp. 1.000,- x 16 = Rp.1.600.000,-
b) Biaya yang dikeluarkan
Biaya produksi per minggu (Rp.124.000,- x 4 ) Rp. 496.000,-

Proyeksi Keuntungan : Ramalan Pendapatan – Biaya yang dikeluarkan
Rp.1.600.00,- - Rp.496.000,-
Proyeksi Keuntungan : Rp.1.104.000,- per bulan (16 kali Produksi)

1 komentar: