Laman

aksesoris


Kamis, 12 Januari 2012

Pengemasan,penyimpanan,dan Penggudangan


Pengemasan merupakan suatu cara atau perlakuan pengamanan terhadap makanan atau bahan pangan, agar makanan atau bahan pangan baik yang belum diolah maupun yang telah mengalami pengolahan, dapat sampai ke tangan konsumen dengan “selamat”, secara kuantitas maupun kualitas.
Interaksi bahan pangan atau makanan dengan lingkungan dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi bahan pangan tersebut, antara lain :
1. Interaksi massa :
– Kontaminasi mikrobia (jamur, bakteri, dll).
– Kontaminasi serangga.
– Penambahan air atau menguapnya air.
– Benturan / gesekan.
2. Interaksi cahaya :
– Oksidasi terhadap lemak, protein, vitamin, dll.

3. Interaksi panas :
– Terjadi gosong, perubahan warna.
– Rusaknya nutrisi, case hardening dll.
Fungsi Pengemasan
Mengatur interaksi antara bahan pangan dengan lingkungan sekitar sehingga menguntungkan bagi bahan pangan, dan menguntungkan bagi manusia yang
mengkonsumsi bahan pangan.
Tujuan Pengemasan
  • Membuat umur simpan bahan pangan menjadi panjang.
  • Menyelamatkan produksi bahan pangan yang berlimpah.
  • Mencegah rusaknya nutrisi/gizi bahan pangan.
  • Menjaga dan menjamin tingkat kesehatan bahan pangan.
  • Memudahkan distribusi/ pengangkutan bahan pangan.
  • Mendukung perkembangan makanan siap saji.
  • Menambah estetika dan nilai jual bahan pangan.
Persyaratan Bahan Pengemas :
  • Memiliki permeabilitas (kemampuan melewatkan) udara yang sesuai dengan jenis bahan pangan yang akan dikemas.
  • Harus bersifat tidak beracun dan inert (tidak bereaksi dengan bahan pangan).
  • Harus kedap air.
  • Tahan panas.
  • Mudah dikerjakan secara masinal dan harganya relatif murah.

Pada praktikum ini akan dibahas mengenai 2 objek yaitu penyimpanan komoditi hasil pertanian yang meliputi penyimpanan rempah-rempah,penyimpanan biji-bijian,penyimpanan umbi-umbian,dan penyimpanan buah-buahan serta yang kedua merupakan penyompanan produk pangan yang terdiri dari penyimpanan makanan kering dan penyimpanan pangan berlemak


I. PENYIMPANAN KOMODITI HASIL PERTANIAN
Lada atau merica (Piper nigrum L.) adalah rempah-rempah berwujud bijian yang dihasilkan oleh tumbuhan dengan nama sama. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan penting di Dunia Lama. Pada masa lampau harganya sangat tinggi sehingga menjadi salah satu pemicu penjelajahan orang Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangannya dan, dengan demikian, mengawali sejarah kolonisasiAfrika, Asia, dan Amerika.
            Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan terpopuler di indonesia. Dalam bahasa latin kacang hijau di sebut phaseolus radiatuslinn dapat di temui hampir di seluruh wilayah indonesia, tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Banyak sekali manfaat kacang hijau karena tingginya kandungan protein nabati dari kacang hijau setelah kacang kedelai dan kacang tanah. kacang hijau dapat di sajikan dengan cara di rebus, di makan langsung atau di jadikan bubur. Kacang hijau yang telah di rebus hingga matang juga bisa di tumbuk halus dan dijadikan isi onde - onde, bakpau atau gandasturi.
Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
     Pisangmemilikiteksturlunakdanmemilikibanyakkhasiatnyabagikesehatankarenasangatbermanfaatbagitubuhmanusia yang mengonsumsinya.Manggaataumempelamadalahnamasejenisbuah, demikian pula namapohonnya. ManggatermasukkedalammargaMangifera, yang terdiridari 35-40 anggota, dansukuAnacardiaceae.NamailmiahnyaadalahMangiferaindica.Pohonmanggatermasuktumbuhantingkattinggi yang strukturbatangnya (habitus) termasukkelompokarboreus,
Plastik PE  memiliki singkatan polyethylene atau polythene. Berbeda dengan PP yang utamanya digunakan sebagai kemasan ( packaging ) makanan. Kegunaan utama plastik PE ini adalah sebagai kemasan ( packaging ) khususnya untuk minuman seperti : es batu, sirup, maupun minuman lainnya. Kegunaan lainnya dapat digunakan untuk tanaman ( PE Mulso ).kertas sak : Ciri bentuk ini adalah terbuka pada salah satu ujungnya dan bentuknya lebih kecil dari sak.Sak berkapasitas 25 kg atau lebih. Keduanya dapat dibuat dari salah satu atau beberapa lapisbahan. Mempunyai keunggulan, berharga murah, cukup baik untuk melindungi produk terhadap debu dan kontaminasi lain, dapat dilipat sehingga lebih praktis. Kelemahannya tidak dapat ditegakkan dan tidak tahan lama.
Low Density Poly Ethylene atau (LDPE) adalahbahanplastik yang fleksibeldengankekuatanrendah. LDPE biasadigunakanuntuk :Pelapiskaleng,Plastikpembungkusmakanansupayatetaphangat (Food Wrapper),Kantong grocery,Bungkus roti, danTasplastik.
Produkplastik yang selamainiterkenaldengannama PP memilikisingkatanberupa polypropylene ataupolypropene. Plastikinibanyakdigunakanuntukkemasan( packaging ) khususnyauntukprodukmakanan. Selainitubisajugadigunakanuntuksedotanplastik, kantongobat, penutup, cup plastik, tas, botol, dll. Kemasansangatdiperlukanuntukmemperindahdanmeningkatkannilai / value darisuatuproduksertamelindungiproduktersebut.
II. PENYIMPANAN PRODUK PANGAN

Sebuah Marie adalah jenis manis biskuit mirip dengan teh Kaya . Hal ini dibuat dengan tepung terigu , gula, minyak nabati dan, tidak seperti biskuit Teh Kaya, vanili bumbu. Biskuit bulat dan memiliki nama terukir ke permukaan atasnya. Tepi permukaan atas juga diukir dengan desain yang rumit. Sementara Teh Kaya biskuit adalah versi paling populer dari biskuit di Inggris, ini adalah versi Marie yang paling populer di sebagian besar negara lain, terutama Swedia, Portugal, Meksiko, Australia, Kosta Rika, Pakistan, India, Afrika Selatan , dan Spanyol. Seperti biskuit Teh Kaya, banyak yang menganggap rasa polos Marie untuk membuatnya sangat cocok untuk mencelupkan dalam teh. Metode populer lain dari mengkonsumsi biskuit termasuk menggunakan dua untuk membuat sandwich dengan mentega dan marmite atau susu kental tersebar di antara, meliputi dengan sirup emas , dan hancur itu dalam puding dan jelly . Gelamai merupakan makanann khusus asli Payakumbuh, makanan yang terbuat dari beras ketan dan gula merah ini dimasak dengan menggunakan cara tradisional. Beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa dan gula merah diaduk di dalam kuali besar, dimasak diatas tungku kayu. Setelah masak menyerupai bubur kental, adonan didinginkan dan dipotong-potong menurut selera. Bisanya ukurannya kecil-kecil yangt dikemas dengan kemasan plastik.Gelamai sangat cocok dijadikan oleh-oleh sebab rasanya yang legit membuat kerabat anda akan merasa ketagihan. Belum sensasi lengket saat mengunyahnya, tidak akan didapat dari oleh-oleh khas lain.
Kemasan yang menggunakanalufoiladalahkemasan yang paling baikdayaproteksinyauntukmenjagakeawetanisididalamkemasan. Salah satuaplikasinyabanyakdigunakanpadacoffemixinstan   untukmenjagasupayatidakcepatmenggumpalataupadasusububuksupayakualitasvitaminnyatetapterjaga. Kekurangannyaadalahharganya yang mahaldan minimal order yang lumayanbesaruntuk  kategori UKM.
Jenisukuranuntukalufoil polo berbentuk roll sbb :
1.Alufoil Roll (Dove) 26 cm x 500 m  minimal order 5 roll
2. Alufoil Roll (kilat) 34 cm x 500 m minimal order 5 roll
3.Alufoil Roll (kilat) 36 cm x 500 m minimal order 5 roll
4. Alufoil Roll (kilat) 40 cm x 500 m minimal order 5 roll
Pendinginanmerupakansalahsatumetodepengawetanpangan di swalayan, khususnyauntukprodukpangan yang mudahrusak, sepertidagingsosis, smoked beef, tofu, susu, danbakso. Produkpangansemacaminiumumnyaditempatkan di rak display denganpendinginanberkisar 16 derajatCelcius - (-2 derajatCelcius), di mana air bahantidaksampaimembeku.Pada proses pengawetanterjadipenghambatanaktivitasmikroorganisme, reaksienzimatis, kimia, danbiokimiadalamsuatuproduk, dan yang terpentingdapatmeningkatkan lama simpanproduk. Suhupendinginanumumnyatidakmenyebabkan proses pembekuanprodukpangan. Padasuhuini, pertumbuhanhampirseluruhmikrobapembusukdanpatogendihambat.Namun, adabeberapamikrobapsychrophiles, sepertiLysteriamonocytogenes, yang tidakterhambat.Dalamduniateknologipangan, reezeburnyaknisuatuperubahancitra rasa, perubahanwarna, kehilanganzatgizisertaperubahanteksturdaribahanpanganbekuakancepatterjadijikabahanpangandisimpanpadasuhu di atas minus 9 °C.
Untukmemperolehhasil yang terbaikdaribahanpangan yang dibekukan, suhupenyimpananharusdijaga agar konstandantidakbolehlebihtinggidari minus 17 °C, sertaharusdiikutidenganpengemasan yang baikataumemenuhistandarpengemasanuntukbahanpanganbeku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar