Laman

aksesoris


Kamis, 05 Mei 2011

Sayuran dan Buah


1.Sayuran

Sayuran adalah tanaman hortikultura, umumnya mempunyai umur relatif pendek ( kurang dari satu tahun ) dan merupakan tanaman semusim

Setiap jenis dan varietas sayur-sayuran mempunyai warna, rasa, aroma dan kekerasan yang berbeda-beda, sehingga sebagai bahan pangan sayur-sayuran dapat menambah variasi makanan.

Ditinjau dari nilai gizi , sayur-sayuran mempunyai arti penting sebagai sumber mineral dan vitamin berupa Vit. A dan C.

Contoh dari beberapa sayur-sayuran; kubis, wortel, buncis, sawi, kangkung, kentang, lobak, kacang panjang, selada, terong, ketimun bayam dan lain-lain.Beberapa macam bumbu-bumbuan; cabe, bawang, kunyit, laos, jahe, sereh dan daun salam termasuk golongan sayuran.


ØStruktur Sayur-Sayuran
1.Sistem jaringan kulit atau selubung pelindung luar
2.Sistem dasar atau fundamental
3.Sistem pembuluh atau berkas pengangkut
1.Sistem jaringan kulit atau selubung pelindung luar.

Diwakili oleh epidermis, merupakan lapisan pelindung luar tanaman

Pengaturan permulaan berbagai prosesfisika dan fisiko-kimiawi pada sayuran yang telah dipanen dipengaruhi oleh sifat lapisan epidermis.

Pertukaran gas, kehilangan air, patogen, peresapan bahan kimia, ketahanan terhadap tekanan suhu, krusakan mekanis, penguapan senyawa-senyawa atsiri dan perubahan-perubahan tekstural semuanya dimulai dari permukaan sayuran.

Sel-sel Epidermal : Mempunyai bentuk yang beraneka ragam , dari yang seragam seperti buluh sampai bentuk poligonal tak beraturan. Bentuk-bentuknya bergantung pada letak sel-sel itu dalam organ tanaman;sel-sel memanjang dalam batang,dan lainnya.

Pada umumnya sel epidermal lebih kecil dan mempunyai dinding yang tebal dari pada sel-sel dibawahnya. Sel-sel ini tersusun rapat kecuali didaerah stomata atau lentiselyang merupakan pemutusan dalam kesinambungan sel-sel epidermal.

Membran Kutikula: Suatu ciri penting pada sel-sel epidermis adalah terdapatnya kutikula .

Membran Kutikula, merupakan badan yang berlapis-lapis yang menutupi epidermis.

Kutin timbul karena polimerisasi asam-asam hidroksikarbosilat dengan beberapa kelompok senyawa yang dapat diesterkan , seperti asam floinolat.

Lilin terbenam di dalam dan melapisi permukaan kutikula. Lilin terdiri atas ester-ester atau campuran alkohol lilin alifatik dan asam lemak yang sesuai.

Sayuran daun seperti kubis mempunyai lapisan lilin yang lebih tebal dari pada sayuran umbi seperti kentang.

Mulut Kulit ( Stomata ): Mulut kulit terdapat pada epidermis edan berfungsi sebagai katup-katup keciluntuk pertukaran gas.

Stomata adalah suatu liang yang dibatasi oleh dua sel penutup yang keseluruhannya dianggap sebagai satu unit.

Mulut kulit berperan dalan transpirasi , respirasi dan pemasakan buah.

Pada sayuran daun lebih banyak terdapat mulut kulit dari pada buahan dan umbian.

Kenaikan tugor membuka mulut kulit dan dengan demikian memungkinkan pertukaran gas antar sel-sel dibawah epidermis dengan udara luar.

Lentisel: Adalah liang pada bagian epidermis dengan kambiun gabus yang lebih aktif yang sebelah dalam liang pada periderm, menghasilkan jaringan dengan ruang-ruang antar sel. Biasanya terdapat pada batang, akar dan buah tidak terdapat pada daun.

Lentisel selalu terbuka tidak sama dengan mulut kulit, yang memungkinkan terjadi pertukaran gas antar sel-sel dibawah epidermis dengan udara. RESPIRASI.


2.Sistem dasar atau fundamental

Parenkima: Merupakan jaringan dasar yang paling umum dan tipe sel utama yang terdapat pada sayuran. Didalamnya terdapat bagian-bagian yang aktif didalam proses metabolisme tanaman disebut protoplasma.

Protoplasma mempunyai lapisan-lapisan membran yang semi permiable dan didalamnya terdapat Cytoplast dan inti sel (nukleus ). Didalam nukleus terdapat nukleulus,dan dalan cytoplast terdapat butiran yang disebut plastid.

Plastid, ini terdiri dari leukoplast yang tidak berwarna dan berisi granula-granula pati, serta khloroplast dan kromoplast yang mengandung pikmen didalamnya.

Dinding sel-sel parenkima terdiri dariselulosa yang mempengaruhi ketegunan sel dan merupakan batas antara sel yang satu dengan sel yang lainnya. Lapisan diantara dinding-dinding sel paremkima yang berdekatan disebut Middle lamella.






1 komentar: