Kamis, 14 April 2011
PLANT LOCATION
Plant Location:
Adalah suatu kegiatan mengenai penentuan pilihan lokasi/tempat dari pabrik/ perusahaan yang akan didirikan.
Dengan adanya penentuan lokasi suatu perusahaan/pabrik yang tepat atau baik akan menentukan:
kemampuan melayani konsumen dengan memuaskan.
mendapatkan bahan-bahan mentah yang cukup dan kontinue dengan harga yang layak/memuaskan.
mendapatkan tenaga buruh yang cukup.
memungkinkan diadakannya perluasan pabrik di kemudian hari.
Masalah-masalah yang mungkin timbul di kemudian hari disebabkan:
karena berubahnya adat kebiasaan masyarakat
dengan berpindahnya pusat-pusat penduduk dan perdagangan
adanya jaringan komunikasi dan pengangkutan yang lebih baik.
Memilih lokasi menjadi lebih rumit dengan adanya globalisasi tempat kerja. Globalisasi terjadi karena perkembangan dari hal-hal berikut :
ekonomi pasar
komunikasi internasional yang lebih baik
perjalanan (udara, laut, darat) dan pengangkutan barang yang lebih cepat serta lebih dapat diandalkan
semakin mudahnya arus kas antar negara
perbedaan biaya tenaga kerja yang tinggi
Tujuan Plant Location:
Untuk menentukan lokasi dengan tepat agar dapat membantu perusahaan/pabrik dalam beroperasi, sehingga bisa berproduksi dengan lancar, efektif dan efisien.
Plant Site:
Adalah penentuan mengenai kedudukan dari pabrik yakni penentuan susunan bangunan, arah bangunan dll.
Tujuan manufacturing organization adalah:
1. Tujuan Utama (Primary objective)
2. Tujuan Sekunder (Secondary Objective), dan
3. Tujuan Tambahan (Collateral objective).
Tujuan Utama: Tujuan ini meliputi produksi dan distribusi dari nilai-nilai yang dikonsumsi menurut macam dan kualitas, serta menurut waktu dan tempat yang dibutuhkan pada tingkat harga yang bersedia dibayar oleh konsumen, dan dengan biaya yang akan memberika profit yang layak (reasonable) bagi perusahaan.
Tujuan Sekunder: Yaitu untuk menghasilkan nilai-nilai yang dibutuhkan organisasi/perusahaan dalam melaksanakan pekerjaanny guna mencapai tujuan pertama di atas.
Tujuan Tambahan: Yaitu menghasilkan nilai-nilai yang diberikan perusahaan kepada individu, kelompok/group dalam organisasi, selain dari konsumen, misalnya upah buruh, gaji direktur, laba perusahaan, dan sebagainya.
Lokasi Usaha
Lokasi pabrik/perusahaan
Sangat penting bagi bagi kegiatan usaha, karena akan mempengaruhi Hidup perusahaan di kemudian hari . Penentuan lokasi pabrik Yang baik akan menunjang Kelancaran operasi perusahaan.
Faktor Faktor Pertimbangan Dalam menentukan Lokasi Suatu Pabrik :
Bahan
Tenaga listrik/bahan bakar
Air
Transport
Tenaga Kerja
Modal
Tenaga ahli manajemen dan teknik
Hubungan dengan perusahaan lain lain
Pengaruh pemerintah daerah setempat
Pengaruh masyarakat setempat
Gedung
Letak (Site)
Pembuangan (Waste)
Faktor-Faktor Pertimbangan Utama (Pembanding ):
Transport
Tenaga Kerja
Biaya Overhead Pabrik
Utilitas . Misal: Air, jalan raya ,dll.)
Pemerintah daerah.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penentuan lokasi suatu perusahaan/pabrik dibagi dalam 2 bagian, yaitu:
1. faktor-faktor utama/primer (Primary factors)
2. faktor-faktor sekunder (Secondary factors)
a. Faktor-faktor Utama
Faktor-faktor yang termasuk dalam faktor utama yang perlu di perhatikan dalam penentuan lokasi suatu perusahaan/pabrik adalah:
1. Letak dari pasar
Alasan utama perusahaan mendirikan pabriknya dekat dengan daerah pasaran hasil produksinya agar dapat cepat melayani konsumen atau barang hasil produksinya maka pelayanan kepada konsumen akan menjadi lebih cepat.
2. Letak dari sumber-sumber bahan mentah
Perusahaan/pabrik yang berkecenderungan untuk meletakkan pabriknya di daerah yang dekat dengan sumber bahan mentahnya, didasarkan atas pertimbangan biaya pengangkutan ke pabrik adalah besar/mahal karena volume dan berat serta jarak bila jarak pabrik adalah agak jauh.
3. Terdapatnya fasilitas pengangkutan
Untuk melaksanakan kegiatan pengangkutan ada empat jenis fasilitas yang sering digunakan, yaitu :
Kereta api
Truk/angkutan jalan raya
Pengangkutan melalui air, dan
Pengangkutan melalui udara.
4. Supply dari buruh atau tenaga kerja yang tersedia
Pimpinan perusahaan hendaknya berusaha mencari tempat untuk lokasi bagi perusahaan/pabriknya di daerah yang tersedia cukup banyak yenaga kerja dan kualitas serta skillnya tinggi.
Jadi pemilihan suatu daerah untuk tempat lokasi suatu perusahaan/pabrik ditentukan oleh :
Adanya skill buruh yang ditentukan, sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan.
Terdapatnya kualitas yang cukup dari buruh yang diperlukan.
Besar kecilnya atau tinggi rendahnya tingkat upah di daerah-daerah itu.
5. Terdapatnya pembangkit tenaga listrik
Pabrik yang membutuhkan tenaga listrik yang besar akanmemilih lokasinya di daerah yang mempunyai atau di dekat sumber listrik, karena di daerah ini biaya tenaga listrik tidak begitu besar.
b. Faktor-faktor sekunder
Faktor-faktor sekunder ini antara lain adalah :
rencana masa depan
biaya dari tanah dan gedung
kemungkinan perluasan
terdapatnya fasilitas service
terdapatnya fasilitas pembelanjaan
water supply
tinggi rendahnya pajak dan undang-undang perburuhan
masyarakat di daerah itu
Iklim
Tanah
perumahan yang ada dan fasilitas-fasilitas lainnya
Langkah Langkah Pemilihan Pemilihan Plant Location:
Menentukan beberapa daerah Sebagai alternatif lokasi yang akan dipilih.
Membandingkan lokasi yang telah dikumpulkan dalam tahap pertama dengan menggunakan metode, antara lain:
Metode Penilaian hasil (Comparative Value)
Metode perbandingan Biaya (Cost Comparison Method)
Economic Analysis Method
Memilih dan menilai lingkungan masyarakat
Tahapan Memilih Lokasi Pabrik
Tahap pertama: melihat kemungkinan daerah-daerah mana yang dapat ditentukan sebagai daerah-daerah alternative.
Tahap kedua: melihat pengalaman orang lain atau pengalaman kita sendiri dalam menentukan lokasi pabrik.
Tahap ketiga: mempertimbangkan dan menilai masyarakat-masyarakat dari daerah-daerah yang pada tahap kedua telah dipilih untuk lokasi pabrik karena dianggap paling menguntungkan.
Metode Penilaian Hasil (Comparative Value Method)
Yaitu metode pemilihan lokasi dengan cara menentukan serta menilai seluruh faktor-faktor penting yang berpengaruh terhadap penentuan lokasi pabrik. Lokasi yang yang mempunyai nilai tertinggi yang harus dipilih.
SUBURBAN AREA
Yang dimaksud suburban disini adalah daerah pinggiran kota besar atau kota-kota kecil yang ada di dekat kota besar.
Alasan perusahaan memilih daerah suburban ini sebagai daerah lokasi pabriknya adalah karena keuntungan-keuntungan berikut ini :
upah buruh relatif lebih murah
letaknya relatif dekat dengan pasar daripada daerah-daerah luar kota
harga tanah relatif lebih murah daripada di kota-kota besar dan tanah yang luas banyaknya tersedia untuk kemungkinan perluasan
banyak mempunyai hubungan transportasi ke kota-kota besar sebagai pasar untuk barang-barang yang dihasilkannya.
dekat dengan service industries yang umumnya banyak terdapat di kota-kota besar
tidak perlu membangun atau mendirikan pembangkit tenaga listrik sendiri karena listrik kota besar biasanya dapat dengan mudah mencapai daerah ini.
pajak-pajak pada umumnya lebih rendah daripada kota-kota besar
biaya-biaya gedung/bangunan biasanya lebih murah/rendah.
adanya persediaan tenaga kerja yang besar dibandingkan dengan daerah-daerah yang jauh di luar kota
hanya sedikit waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk pergi dan pulng dari pekerjaan
sedikitnya pembolosan karena kesempatan kerja disini kurang
adanya labor relation yang lebih akrab.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar